Welcome in Ais_bLog

BeLajar, bElajaR dan Belajar...

Kamis, 25 Februari 2010

Pengantar Akuntansi

Pengertian Akuntansi

American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai

“ … proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut”

Definisi ini mengandung dua pengertian, yakni:

  1. Kegiatan Akuntansi, bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.
  2. Kegunaan Akuntansi, bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.

Kegiatan Akuntansi

  1. Pengidentifikasian dan pengukuran data yang relevan untuk suatu pengambilan keputusan
  2. Pemrosesan data yang bersangkutan kemudian pelaporan informasi yang dihasilkan
  3. Pengkomunikasian informasi kepada pemakai laporan.

Siklus Akuntansi

Transaksi-> Jurnal-> Buku Besar-> Neraca Saldo-> AJP-> Neraca Lajur -> Laporan Keuangan-> Jurnal Penutup-> Neraca Saldo Setelah Penutupan-> Jurnal Pembalik

Tahap-tahap:

  1. Pengidentifikasian

Tahap dimana akan menentukan apakah suatu transaksi dapat dikatakan sebagai transaksi keuangan. Suatu transaksi di ukur/ di identifikasi apakah transaksi tersebut merupakan transaksi keuangan.

  1. Pencatatan

Mencatat transaksi keuangan dalam bentuk tulisan. Transaksi adalah kejadian/ peristiwa di dalam perusahaan yang dapat menyebabkan perubahan aktiva, kewajiban dan ekuitas. Dokumen sumber:-nota, -faktur, -kwitansi, dll. Pencatatan dilakukan dalam suatu buku harian yang disebut jurnal.

  1. Penggolongan

Mengelompokkan transaksi-transaksi keuangan menurut jenisnya sehingga pengaruh transaksi atas perubahan aktiva, kewajiban dan ekuitas dapat diketahui. Pengelompokkan ini dilakukan pada suatu daftar yang disebut rekening/ perkiraan/ akun. Kumpulan dari rekening/ perkiraan/ akun disebut dengan buku besar

  1. Pengikhtisaran

Menyederhanakan transaksi-transaksi keuangan yang sudah dikelompokkan pada suatu daftar tersendiri disebut neraca saldo. Neraca Saldo adalah daftar yang dibuat untuk memperlihatkan saldo dari setiap rekening pada akhir periode akuntansi. Neraca Saldo digunakan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan.

  1. Pelaporan

Melaporkan informasi keuangan yang merupakan sumber informasi utama untuk pihak-pihak yang berkepentingan.

Laporan Keuangan adalah daftar ringkasan akhir transaksi-transaksi keuangan yang menunjukkan semua kegiatan operasional perusahaan.

Laporan keuangan terdiri dari:

  1. Neraca
  2. Laporan laba rugi
  3. Laporan Perubahan modal
  4. Laporan arus kas
  5. Catatan atas laporan keuangan

Tujuan AKuntansi

Menyajikan informasi keuangan dari suatu kesatuan ekonomi (badan usaha) kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Informasi keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi berguna bagi pihak-pihak di dalam perusahaan maupun pihak-pihak diluar perusahaan untuk pengambilan keputusan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar